Kamis, April 09, 2009

Latihan: Membentuk Keyakinan Diri

Sebuah patung yang indah terbentuk dari sebuah batu besar yang terabaikan orang. Dengan penuh semangat dan imajinasi, batu itu dipahat secara terus-menerus menjadi sebuah bentuk yang benar-benar berbeda dari bentuk aslinya. Sama halnya dengan patung tersebut, kepribadian maupun keyakinan diri perlu dibentuk dengan imajinasi dan latihan yang terus-menerus.

1. Berdirilah di suatu ruangan yang tenang dan nyaman. Bayangkan diri Anda dengan yakin dan puas dengan diri Anda dan sekeliling Anda. Anda bisa membayangkan dan merasakan kembali kebahagiaan di masa lampau atau kebahagiaan mental tertinggi yang Anda inginkan.

2. Bayangkan Anda sekarang sudah dalam keadaan bahagia tertinggi. Saat Anda sadar keadaan ini - tegakkan punggung, bahu dan kepala - kepalkan tangan kanan Anda dan pukulkan berkali-kali ke telapak tangan kiri Anda, sambil berteriak keras "Ya, AKU BISA!" dengan suara yang meyakinkan.

3. Sadari napas dalam keadaan mutlak meyakinkan - napas yang pelan, dalam, dan dari rongga perut - ulangi lagi tindakan dan ucapan penuh keyakinan tadi.

4. Amati sejenak ungkapan keyakinan di wajah Anda - dimana mata, alis, rahang, bibir, gigi dan dagu - semuanya menampilkan keyakinan, sikap yang menyenangkan.

5. Renungkan dan amati kondisi seluruh tubuh Anda dan perasaan sadar yang meningkat

Lakukan latihan di atas sebanyak sepuluh kali setiap hari selama seminggu. Anda akan mengukir kesadaran keyakinan diri pribadi Anda yang tertanam indah dan kuat dalam kenyataan bawah sadar Anda. Saat kecemasan mengunjungi Anda, Anda cukup kepalkan tangan anda dan ulangi pernyataan tadi pada diri Anda sendiri, bahkan dengan suara yang berbisik.

Sukses Untuk Anda !