Jumat, April 17, 2009

Apa Yang Menghalangi Anda?

Manusia memiliki kecenderungan untuk mengurangi ataupun menyembunyikan informasi yang ada dipikirannya saat mengekspresikannya dalam bentuk kata-kata.. Anda mungkin pernah mendengar kata "Tidak.. Saya tidak bisa", saat itu terasa ada sesuatu yang menghambat muncul di perasaan Anda.. Anda dapat menggali lebih jauh perasaan itu dengan memunculkan pertanyaan "Apa yang menghalangi Anda?".. Apakah memang benar tidak bisa..? Apa memang ada yang menghalangi?.. Ternyata nggak ada tuh..

"Ah, sudahlah.. Nggak mungkin aku bisa langsing."... Tanyakan, "Kenapa nggak mungkin? Apa yang menghalangi Anda?" ... ternyata nggak ada tuh..

"Aku nggak yakin dapat melakukannya."... Tanyakan, "Kenapa nggak? Apa yang menghalangi Anda?" ... ternyata nggak ada tuh.. kitanya aja yang malas kali ya..?

Sebelum pertanyaan tentang ketidakmungkinan tersebut terjawab, biasanya seseorang akan segera menunjukkan tanda-tanda akan menyerah, misal dengan gerakan mata, gerak-gerik dan sebagainya. Jika Anda mencermati dan mendengarkan dengan seksama, Anda akan mengetahuinya. Kepercayaan yang belum tentu kebenarannya ini akan menghambat seseorang untuk meraih apa yang diinginkannya.. Hal ini dikenal dengan pola bahasa pikiran Meta-Model: Modal Operator of Possibility

Kawan.. bantulah mereka untuk merubah keyakinan akan ketidakmampuan mereka dengan pertanyaan, "Kenapa nggak?.. Apa yang menghalangi Anda?"