Senin, Maret 16, 2009

Apa Yang Akan Anda Lakukan, Jika Anda Tahu Anda Tidak Mungkin Gagal?

Kawan...
Seperti yang telah aku bahas dalam posting terdahulu yang berjudul Teori Harapan, bahwa kita memetakan diri kita dan dunia berdasarkan apa yang kita lihat, dengar dan rasakan lewat sistem representasi indera kita (The Map is not the Teritory), dimana hal-hal tersebut mempunyai arti bagi kita.. bahwa apa yang kita gambarkan tentang diri kita dan dunia di pikiran kita, bukanlah fakta yang sebenarnya...

Orang tidak berhadapan langsung dengan dunia, tapi ia menciptakan model dan peta dunia dalam pikirannya yang digunakan untuk membimbing perilakuanya. Dalam upaya untuk mengubah peta dunia yang mampu untuk membuat keberhasilan, baik dalam komunikasi maupun pencapaian, maka diperlukan suatu alat atau cara untuk mengumpulkan informasi linguistic untuk menghubungkan kembali bahasa seseorang dengan pengalamannya yang direpresentasikan melalui bahasa orang tersebut.

Alat ini disebut dengan Meta Model.

Meta Model akan membantu kita untuk menggali Deep Structure (struktur dalam) dari bahasa pikiran seseorang dengan mempertanyakan Surface Structure (struktur luar) yang digunakan dalam komunikasi mereka. Alat ini sangat dahsyat untuk merubah Belief System (sistem keyakinan) dari "Saya tidak bisa" menjadi "Ya..Saya bisa"

Kawan..
Pikiran kita memiliki lebih banyak detail daripada apa yang bisa kita ungkapkan dengan kata-kata.. Kita cenderung meringkas pemikiran kita dengan pola Distortions (penyimpangan), Deletions (penghilangan) dan Generalizations (penyamarataan). Untuk mendapatkan pengertian mengenai pemikiran kita maupun orang lain, kita perlu mengetahui "struktur" bahasa pikiran yang digunakan.

Apa yang akan Anda lakukan jika Anda tahu Anda tidak mungkin gagal?

Banyak orang menunda atau bahkan membatalkan tindakannya karena takut akan kegagalan, dimana karena sedemikian seringnya sehingga mereka menutup rapat-rapat pintu mimpi mereka.

Dua pertanyaan berikut sangat luar biasa dan mampu membuka pintu mimpi itu. Tutup mata Anda, lalu tanyakan salah satu pertanyaan di bawah kepada diri Anda sendiri. Ucapkan keras-keras dalam hati dan pahami. Kemudian tetapkan keinginan atau cita-cita Anda. Selanjutnya bayangkan dan rasakan :

1) “Hai (nama Anda)… Apa yang akan Kamu lakukan jika Kamu tahu Kamu tidak mungkin gagal?”

Jawabku: “Aku akan ………………… ”

2) “Hai (nama Anda)… Apa yang akan Kamu lakukan jika Kamu tahu bahwa gagal itu biasa dan OK-OK saja buatmu?”

Jawabku: “Aku akan ………………… ”

Can you feel it? Bisakah Anda rasakan getarannya…?

------------------------------------------------------

Nah, Kawan..

Sebagai perwujudan kepedulian dan sumbangsih-ku untuk membagi pengetahuan kepada sesama supaya mereka menjadi lebih SUKSES, secara berseri akan aku coba ulas secara praktis pola-pola bahasa pikiran di atas..

So, tetaplah berkunjung blog ini untuk mendapatkan tips-tips segar dan Anda akan mampu untuk men-SUKSES-kan diri Anda..!

Salam Sukses !!