Kamis, Maret 05, 2009

Ajari Aku

Siang tadi saat kerja di kantor, sebuah email masuk dengan judul "Ajari Aku"... Oh, ternyata dari seseorang yang udah lama aku kenal... Seorang ibu yang luar biasa, sekaligus seorang pengusaha garmen yang ulet... Beliau pernah mempunyai pengalaman yang cukup pahit dimana salah satu buah hatinya terpaksa harus menjalani operasi dan perawatan di luar negeri, yang pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit...

Hari ini, beliau mengatakan dalam emailnya: "Mas..., aku dari dulu pengen buat blog tapi ora iso... ajari aku ya Mas.. Banyak tulisanku yang mungkin bisa sebagai motivasi bagi penderita cancer seperti aku.." Ya Tuhan.. Ternyata cobaan kembali mengunjungi diri beliau.

Di saat penderitaan mendera.. di saat orang merasa hidup ini tidak adil.. di saat orang merasa kesialan sedang menimpa dirinya..ternyata masih ada seseorang yang ingin berguna bagi orang lain, meski dirinya sendiri sedang tidak beruntung.. Luar biasa sekali Ibu ini..

Ibu ini mampu mengubah cara berpikir dan bertindak beliau terhadap suatu masalah. Hal ini dikenal dengan istilah Reframing (membingkai ulang). Reframing mengubah cara kita memandang segala sesuatu sehingga diperoleh arti yang baru. Saat arti baru terbentuk, itu akan mengubah cara kita berpikir, merasa dan bertindak. Reframing lebih membutuhkan sikap daripada ketrampilan..

Reframing memaknai suatu peristiwa dengan sesuatu sensasi yang berbeda.. Ibarat sebuah foto, jika dibingkai dengan frame model ukiran kuno, akan terkesan jadul... Tapi jika frame-nya diganti model millenium dengan warna pink, akan terkesan modern dan gaul banget... Padahal fotonya sama..

Sang ibu pengidap kanker ini telah me-reframe sakit yang dideritanya sebagai peluang untuk membantu penderita kanker yang lain untuk tetap bersemangat dalam meraih kesembuhan...

Satu hal penting lagi yang telah dilakukan Ibu ini.. Adanya anggapan dasar Mind-Body Connection (hubungan antara pikiran dan tubuh), akan sangat membantu sang Ibu ini untuk mendapatkan kesembuhan dengan cepat.. Pikiran dan tubuh merupakan suatu sistem yang utuh dan saling mempengaruhi satu sama lain.. Pikiran yang positive bahwa kanker dapat disembuhkan, akan mempengaruhi tubuh untuk memerangi penyakit tersebut dengan sendirinya..
Coba anda ingat, pernahkah anda:
- ketika terjatuh dan kaki anda berdarah, anda baru merasakan sakit saat anda sadar kalau kaki anda berdarah..
- saat anda merasa gugup ketika akan tampil di panggung, perut anda tiba-tiba terasa mules..
- saat anda sedang berbangga atau merasakan kesuksesan, perhatikan, badan anda akan tegap serta dagu, sudut bibir dan alis anda akan terangkat ke atas..

Peluang kesembuhan Ibu ini, insya allah, besar... Dengan berpikir positive bisa sembuh dari kanker serta semangat untuk memotivasi penderita yang lain untuk sembuh, pikiran bawah sadar beliau akan bekerja mempengaruhi badannya untuk mewujudkan apa yang diyakini oleh pikiran si Ibu... yaitu: Sembuh !!

Salam Super buat Ibu "An"..